3 Langkah untuk Mengatasi Nafsu Makan

8:53 PM

Nafsu makan adalah salah satu alasan utama untuk kenaikan berat badan. Ketika ada pertanyaan, "Apa yang perilaku yang Anda ingin mengubah untuk mencapai berat badan ideal Anda?" Jawabannya adalah biasanya "Nafsu." Emosi memicu kita untuk beralih ke makanan, dan bagi sebagian orang yang memiliki berubah menjadi kebiasaan. Terapi perilaku menunjukkan berikut tiga langkah untuk mengatasi nafsu makan:
  • Langkah 1 - Menjadi Sadar

Ketika Anda merasakan dorongan untuk makan secara emosional atau terlibat dalam perilaku yang tidak sesuai dengan tujuan penurunan berat badan Anda, tanyakan pada diri sendiri:

Apa yang membuat saya terlibat dalam perilaku semacam ini?

Bagaimana aku rasakan dan mengapa saya merasa seperti ini?
  • Langkah 2 - Cari Niat Positif

Jawaban pertama yang datang kepada Anda adalah jawaban yang benar. Beberapa jawaban mungkin membuat Anda memerah, menangis atau terkesiap, tapi bersiaplah untuk mengakui jawaban-jawaban. Sekarang tanyakan pada diri sendiri:

Apa yang saya mendapatkan dari perilaku ini?

Apa konsekuensi dari terlibat dalam perilaku ini?

Aku punya seorang peserta lokakarya yang binged pada makanan manis, terutama susu dan kue, pada malam hari saat anak-anak berada di tempat tidur.

Ketika saya bertanya apa yang membuatnya terlibat dalam perilaku ini, dia menjawab bahwa dia mencari kenyamanan.

"Kenyamanan dari apa?" Saya bertanya.

"Saya merasa hal-hal yang di luar kendali dan itu stres," katanya.

"Makan kue membuat saya merasa lebih baik untuk sementara waktu."

"Apa yang Anda mendapatkan dari perilaku ini selain merasa baik?"

"Saya merasa dalam kontrol."

Perhatikan bagaimana perilaku negatif baginya memiliki niat positif. Makan kue membuatnya merasa memegang kendali, dan itu adalah perasaan berada di kontrol yang dia keinginan. Aku mengatakan padanya untuk mengakui perasaan ini dan niat positif. Saya akhirnya bertanya apa konsekuensi melanjutkan perilaku ini akan menjadi.

Jawabannya: "Saya akan terus merasa marah, saya akan mendapatkan lebih berat, tetapi yang lebih penting, saya akan mengajar anak-anak saya untuk mematikan perasaan mereka, dan aku takut mereka akan berakhir seperti saya."
  • Langkah 3 - Melaksanakan rencana untuk waktu berikutnya 
Sekarang bahwa Anda menyadari dan mengakui niat positif, menyusun solusi yang mungkin yang akan paling cocok untuk Anda pada saat itu. Pikirkan waktu tertentu ketika Anda telah berpaling ke makanan karena alasan nafsu, dan untuk setiap kali, daftar setidaknya lima tindakan yang bisa diambil bukan beralih ke makanan. Simpanlah daftar ini dengan Anda dan memperlakukannya seperti alat dalam kotak peralatan.
loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar